Melihat Anak Pesisir Membaca Buku, Kebahagiaan bagi Anggota Polair Ini

Penulis Aan Kridolaksono
22 Sep 2017 - 19:45
SAI 100 FM |  Melihat Anak Pesisir Membaca Buku, Kebahagiaan bagi Anggota Polair Ini Bripka Agung Gede Asmarajaya, penggiat literasi Polair Pustaka selaku Anggota Satpolair Polres Lampung Selatan saat memberikan buku-buku bacaan gratis kepada anak anak pesisir pantai Belebuk, Desa Kelawi Bakauheni. (Foto:Dok.Armada Perahu Pustaka).

KALIANDA (SAI100FM.id)--Buku merupakan jendela dunia. Prihatin dan terinspirasi dengan kegiatan Armada Perahu Pustaka terhadap masa depan anak-anak pesisir di kecamatan Bakauheni dan Rajabasa, Lampung Selatan, membuat Brigadir Kepala (Bripka) Agung Gede Asmarajaya anggota Polair Polres Lampung Selatan membawa buku-buku bacaan gratis untuk anak anak pesisir disaat menjalankan tugas "Sambang Nusa" di wilayahnya.

Seperti Kamis (21/9), Bripka Agung dikerumuni oleh puluhan anak-anak pesisir saat mengunjungi obyek wisata pantai Belebuk, Bakauheni libur pada hari libur Tahun Baru Islam 1439 H.



“Tadinya saya prihatin melihat anak-anak pesisir yang kesulitan mendapatkan ilmu pengetahuan dari buku buku bacaan. Namun setelah melihat kegiatan literasi pustaka bergerak, saya terinspirasi untuk ikut kegiatan ambil bagian dalam meningkatkan minat baca bagi anak-anak pinggiran yang merupakan generasi penerus bangsa ini,” ujar Bripka Agung kepada SAI100FM.id, Jumat (22/9/2017) sore.

Selain melakukan sosialisasi terhadap nelayan akan keamanan laut dan penangkapan ikan yang melanggar aturan dengan program Sambang Nusa hingga ke pulau-pulau berpenghuni, seperti Pulau Sebesi, Sebuku, dan Pulau Rimau Balak, Bripka Agung yang membawa buku-buku bacaan untuk anak-anak pesisir itu juga dimanfaatkannya untuk  mengenalkan Polair kepada warga pesisir.

"Pemahaman anak-anak pesisir selama ini polisi itu yang mengatur lalulintas (Polantas) dan nangkepin orang jahat,” kata pria kelahiran Wonosari, Gunungkidul Yogyakarta 1983.

Untuk mendapatkan buku-buku bacaan, suami Niluh Ayu itu rela menyisihkan penghasilannya untuk membeli buku. Bahkan, oleh penggiat literasi Armada Perahu Pustaka, anggota Polair Polres Lampung Selatan itu juga dikenal sebagai salah satu donatur buku-buku bacaan.

Buku-buku yang diberikan secara gratis untuk anak-anak di pesisir di wilayah Rajabasa dan Bakauheni, Lamsel dari Bripka Agung Gede Asmarajaya, penggiat literasi Polair Pustaka. (Foto:Dok. Penggiat literasi Armada Perahu Pustaka)

"Bagi saya ini sebuah kepuasan tersendiri. Saat bisa dekat dengan anak-anak dan melihat mereka gembira saat membaca buku-buku yang disukai," ujar Bripka Agung.

Sementara Radmiadi, penggiat lierasi Armada Perahu Pustaka mengapresiasi gerakan Bripka Agung yang telah mengajak anak anak pesisir gemar membaca.

"Kami kenal mas Agung tiga bulan lalu di pantai Belebuk. Setiap bertemu, mas Agubg selalu mengambil buku didalam boks motor dinasnya dan diberikan  kepada kami,” ujar penggiat literasi Armada Perahu Pustaka.

Tanpa diduga, ungkap Radmiadi, ketika armada perahu pustaka mengunjungi pantai Belebuk di desa Kelawi, Bakauheni pada hari libur tahun baru Islam 1439 H, Kamis (22/9), melihat  Bripka Agung sudah begitu dekat dengan anak anak pesisir. Puluhan anak-anak pesisir itu tanpa sungkan sungkan mengambil buku bacaan yang ada di dalam boka belakang motor dinas anggota Polair Polres Lampung Selatan yang juga sebagai Babinkamtibmas Desa Kelawi Bakauheni.

“Kami terharu dengan gerakan Bripka Agung yang selama ini tidak mau dipublikasikan,“ ujar Radmiadi yang juga sebagai komandan SAR PT ASDP cabang Merak.

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA