Aktif Kegiatan Selama Ramadan

Penulis NUR JANNAH
18 May 2018 - 15:00
SAI 100 FM | Aktif Kegiatan Selama Ramadan Sejumlah sahabat muda tetap aktif berkegiatan selama bulan Ramadan. Foto : Zainuddin

Khusus untuk meningkatkan kualitas ibadah selama Ramadan, Lidya sudah memasang target menyelesaikan hafalan Alqurannya.

NUR JANNAH



MARHABAN ya Ramadan. Suka cita menyambut bulan suci masih sangat terasa ya, Guys. Bulan penuh berkah yang baru tiba ini menjadi momen spesial bagi para umat muslim seluruh penjuru dunia untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.

Para sahabat muda pun tidak kalah antusiasnya menyambut bulan suci yang di dalamnya dilaksanakan ibadah puasa sebulan penuh. Meski berpuasa, bukan alasan Ramadan tanpa kegiatan. Beberapa sahabat muda justru sangat semangat merancang agenda yang akan dijalani selama Ramadan. Sebab, aktif selama Ramadan itu keren abis deh!

Salah satu sahabat muda, Lili Anggraini, mengaku sudah memiliki sederet agenda selama Ramadan. Selain menjalani ibadah puasa dan ibadah lain, seperti tadarus Alquran, berbagai kegiatan sosial pun direncanakannya jauh-jauh hari sebelum Ramadan.

Siswa kelas X di SMA Ar-raihan Bandar Lampung yang aktif sebagai pengurus OSIS itu mengaku akan mengadakan kegiatan buka puasa bersama sekaligus bersilaturahmi dengan para alumni, hingga buka bersama dengan anak-anak yatim piatu dan warga kurang mampu. "Selain itu OSIS juga punya program bagi-bagi takjil untuk anak-anak jalanan," kata dia.

Setelah salat subuh biasanya olahraga, maraton atau olahraga lainnya.

Selain aktif mengadakan kegiatan sosial, Lili mengaku sudah memasang target mampu mengkhatam Alquran dan menghafal hadis. Selain itu, Lili mengaku ingin meningkatkan ibadah sunah selama Ramadan, seperti salat duha, tahajud, hingga memperbanyak tadarus Alquran.

Sama seperti Lili, sahabat muda lainnya, Lidya Syavira, juga mengaku akan tetap menjalani berbagai kegiatan selama Ramadan. Selain menjadikan buka bersama dengan keluarga besar sebagai salah satu agenda, Lidya juga mengaku sudah merencanakan kegiatan sosial bersama rekan-rekan sekolahnya. "Rencananya bagi-bagi takjil yang dipusatkan di Tugu Adipura," ujarnya.

Selain itu, Lidya mengaku wakaf Alquran ke beberapa panti asuhan, sekaligus menghimpun dana yang akan dibelanjakan untuk kebutuhan Lebaran anak-anak yatim juga akan dilakukan bersama rekan-rekannya.

Khusus untuk meningkatkan kualitas ibadah selama Ramadan, Lidya sudah memasang target menyelesaikan hafalan Alqurannya. "Tadarusnya pengin berkelanjutan, tidak hanya semangat di awal Ramadan. Begitu juga dengan salat duha dan tahajud, serta ibadah lain," kata dia.

Menjaga Kesehatan

Berpuasa dengan menahan lapar dan dahaga, selain membutuhkan niat juga harus diimbangi dengan kondisi tubuh yang sehat. Untuk itu, menjaga kebugaran tubuh selama Ramadan juga penting dong.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama Ramadan, Lidya mengaku tetap akan melakukan kegiatan olahraga setiap pagi. "Setiap tahun setelah sahur aku tidak tidur lagi. Setelah salat subuh biasanya olahraga, maraton atau olahraga lain," ujarnya.

Syakira Kamilah, sahabat muda lainnya, mengaku selain tetap menjaga kebugaran tubuh, kualitas ibadah selama Ramadan sangatlah penting. Syakira menargetkan selama Ramadan mampu menjalani kegiatan tadarus Alquran dengan metode one day one juz."Sebab Ramadan menurutku sangat spesial, ibadah kita akan dilipatgandakan," ujarnya. (M2)

nur@lampungpost.co.id

Tags

Komentar

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA