Doa dan Tradisi Palang Pintu Hantarkan Anies-Sandi

Penulis Vera Aglisa/Antara
17 Oct 2017 - 2:00
SAI 100 FM | Doa dan Tradisi Palang Pintu Hantarkan Anies-Sandi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (tengah) disambut para pendukung setibanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (16/10/2017). MI/SUSANTO

JAKARTA (SAI100FM.id) -- Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno (Anies-Sandi) kini telah resmi memimpin Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta periode 2017—2022. Doa dan tradisi palang pintu khas Betawi menghantarkan keduanya dilantik dan resmi menerima penyerahan jabatan mereka, Senin (16/10/2017).
Sebelum pelantikan, Anies-Sandi didoakan para jemaah di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Tampil gagah menggunakan seragam dinas putih-putih, Sandiaga Uno tiba lebih dulu sekitar pukul 14.05. Menyusul Anies Baswedan tiba 10 menit kemudian. Mereka langsung menuju ke Aula Sakina, di kompleks Masjid Agung Sunda Kelapa.
Ribuan warga yang memadati masjid bersama Ketua Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa Aksa Mahmud mendoakan keduanya agar dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah. "Saya mendoakan Anies-Sandi untuk selalu amanah dalam memimpin Jakarta dan mendapatkan rahmat Allah swt menyertai kepemimpinan mereka," ujar Aksa disambut seruan amin warga.
Usai doa bersama, keduanya beriringan menuju ke acara pelantikan di Istana Negara. Sekitar pukul 14.45, mereka tiba di Istana. Presiden Joko Widodo secara langsung melantik masing-masing gubernur dan wakil gubernur.
"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-selurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ucap Anies mengulangi pernyataan sumpah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.
Usai pelantikan, keduanya pun menuju Balai Kota untuk melakukan serah terima jabatan gubernur dan wakil gubernur. Kedatangan pemimpin Ibu Kota Indonesia itu disambut atraksi palang pintu. Anies dan Sandi yang tiba di Balai Kota DKI Jakarta pukul 17.30 itu langsung dikerubuti warga dan pendukung.
Selain atraksi palang pintu, kedatangan rombongan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta itu juga disambut kesenian marawis. Baik Anies maupun Sandi tampak antusias saat melihat pertunjukan itu. Keduanya tersenyum dan tertawa menikmati kesenian khas Betawi itu. 

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA