Gentes Haryono Sang Guru Mengaji Berpakaian Loreng

Penulis Deta Citrawan
20 Oct 2017 - 10:30
SAI 100 FM | Gentes Haryono Sang Guru Mengaji Berpakaian Loreng Kapten Chb Gentes Haryono mengajar ngaji anak-anak Pekon Ulokmukti, yang merupakan salah satu kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 yang dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Barat. LAMPUNG POST/DETA CITRAWAN

KRUI (SAI100FM.id) -- Sang surya mulai menghilang di bawah garis cakrawala sebelah barat. Rona merah langit mulai tampak seolah memberi isyarat kepada insan yang melihat untuk segera beranjak dari penatnya aktivitas keseharian, dan beralih menuju peristirahatan.
Waktu menunjukkan pukul 17.50, tampak sebagian besar warga Pekon Ulokmukti, Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat, berbusana muslim baik dewasa maupun anak–anak melangkahkan kaki menuju Masjid Al-Muhajirin.
Warga mulai bersiap–siap untuk menunaikan ibadah salat magrib secara berjemaah. Semua duduk bersila menghadap kiblat, sembari menunggu muazin mengumandangkan azan sebagai pertanda waktu salat magrib.
Di antara warga pekon itu terdapat pria berpakain loreng-loreng, yang ternyata itu adalah seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dari Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0422/Lampung Barat. Dialah Kapten Chb Gentes Haryono. Berbaurnya anggota TNI berpangkat kapten tersebut di tengah masyarakat pekon merupakan salah satu kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 yang dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Barat.
Usai dari melaksanakan salat magrib berjemaah, yaitu pukul 18.30, Gentes Haryono menyempatkan mengajak anak–anak warga Pekon Ulokmukti yang berada di masjid untuk belajar mengaji membaca Alquran bersama. Meskipun dengan suasana serta sarana prasarana yang terbilang minim, yaitu untuk listrik di masjid itu masih menggunakan energi yang berasal dari diesel milik warga, antusias anak–anak pekon setempat masih ada.
“Dengan kegiatan belajar mengaji ini anak–anak senang dan semangat menambah ilmu baca Alquran. Yang belum tahu jadi tahu cara baca Alquran yang benar. Warga juga senang suasana masjid bertambah jemaah saat salat.”
Menurut dia, banyak manfaat yang didapat melalui kegiatan TMMD ke-100 yang saat ini dilaksanakan di Pesisir Barat, yaitu dapat menjalin keakraban antara warga dan TNI. Sebab, selaku sebagai pengayom TNI harus dekat dengan masyarakat.

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA