Hamilton Segel Gelar Juara Dunia F1 2017

Penulis MTVN
30 Oct 2017 - 9:12
SAI 100 FM | Hamilton Segel Gelar Juara Dunia F1 2017 Lewis Hamilton berselebrasi usai memastikan diri meraih gelar juara dunia F1 musim ini (Clive Mason/Getty Images/AFP)

Meksiko City (SAI100FM.id) -- Lewis Hamilton mengunci gelar juara dunia Formula 1 musim 2017 di GP Meksiko, Senin 30 Oktober dini hari WIB. Pembalap Mercedes itu tetap menjadi juara dunia untuk keempat kalinya meski gagal naik podium di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodrigurez, Meksico City.

Hamilton sejatinya hanya finis di urutan kesembilan dalam balapan seri ke-19 ini. Ia bahkan terpaut waktu satu lap dari pembalap yang finis di urutan pertama, Max Verstappen.

Verstappen sendiri menjadi pembalap yang tercepat di Meksiko dengan catatan waktu 1 jam 36 menit 26.552 detik. Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, menjadi pembalap yang finis kedua terpaut waktu 19.678 detik.

Sementara, posisi ketiga ditempati pembalap Ferrari Kimi Raikkonen yang terpaut waktu 54.007 detik dari Verstappen. Disusul rekan Kimi, Sebastian Vettel di tempat keempat dengan waktu terpaut 70.078 detik.



Balapan di seri Meksiko ini sebenarnya bukan balapan yang baik bagi Hamilton. Pada lap awal saja ia sudah bersenggolan dengan Vettel yang mengakibatkan bumper depan sebelah kiri mnobil Vettel patah.

Hal itu yang membuat keduanya harus masuk pit di akhir lap pertama. Vettel melakukan penggantian hidung mobilnya, sementara Hamilton mengganti ban lebih awal demi menghindari bocor akibat benturan.

Konsekuensi dari masuk pit tersebut, posisi Hamilton dan Vettel langsung melorot, sementara Vettel terus memimpin hingga lap kesepuluh. Namun, Vettel mampu memperbaiki posisi ke urutan 13, sementara Hamilton terpaku di posisi 19 pada lap ke-20.

Vettel pun mampu mendapatkan posisi terbaiknya di urutan keempat pada balapan yang mengarungi 71 lap itu. Sementara, Hamilton hanya mampu masuk di posisi kesembilan demi mencuri dua poin untuk menyegel titel juara.

Pembalap Britania tersebut mengunci gelar setelah tambahan dua poin membuatnya meraih 333 poin di puncak klasemen pembalap. Poin Hamilton sudah tidak mungkin lagi terkejar oleh Vettel yang berada di posisi kedua setelah tinggal menyisakan satu seri lagi di Abu Dhabi, 26 November mendatang.

Tags

Komentar

Agung Kresna

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna ...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA