#HotFive : Jangan Ngiler! Ini 5 Bubur Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Penulis Windy
25 May 2018 - 10:35
SAI 100 FM | #HotFive : Jangan Ngiler! Ini 5 Bubur Hanya Ada di Bulan Ramadhan Bubur Ayam : Sumber Hello Sehat

Sai100fm.id – Bubur, adalah salah satu makanan favorite orang Indonesia. Selain untuk sarapan, bubur juga biasa di komsumsi kalau kita lagi sakit bahkan jenis bubur juga beragam. Di saat bulan Rmaadhan seperti ini di beberapa daerah di Indonesia ada beragam jenis bubur. Ini dia 5 bubur yang cuman ada di bulan Ramadhan.

1. Bubur Samin, Solo



Setiap Ramadan tiba, Masjid Darussalam di Kelurahan Jayengan, Serengan, Solo, selalu jadi tujuan warga. Selepas Waktu Ashar, masyarakat Solo dan sekitarnya selalu mengantre untuk mendapatkan bubur samin khas Banjar ini. Butuh waktu yang cukup lama untuk menghasilkan bubur samin dengan porsi besar. Mulai pukul 10.00 WIB, pengurus masjid sudah menyiapkan racikan bahan-bahan bubur samin.

2. Bubur Kanji Rumbi, Aceh

Kota Serambi Mekah ini punya kanji rambi yang sangat lezat. Bubur yang terbuat dari beras dan racikan bumbu ini terasa sangat pas untuk berbuka puasa. Kanji rumbi adalah sejenis bubur ayam yang dicampur dengan rempah-rempah khas Aceh seperti merica, jintan, adas, kembang lawang, kapulaga, jahe, daun pandan dan masih banyak bumbu dan rempah lainnya. Karena banyaknya bumbu dan bahan yang dipakai maka bubur ini dikenal dengan bubur dengan 40 macam bumbu. Ada beberapa masjid yang menyediakan menu buka puasa yang sangat lezat ini, salah satunya di Masjid Al-Furqon kelurahan Beurawe, Banda Aceh.

3. Bubur Sop Melayu, Medan

Bubur sop melayu ini berbahan dari beras, daging sapi, kentang, wortel, daun sop, santan, garam, dan bumbu lainnya. Tradisi ini sudah dimulai sejak berdirinya Masjid Raya pada tahun 1909. Awalnya bubur ini disajikan Kerajaan Melayu, Kesultanan Maimun, untuk para musafir dan pendatang yang singgah untuk berbuka puasa.

4. Bubur Sabilal, Banjarmasin

Para Jamaah yang datang ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk berbuka puasa pasti akan mencari bubur ini dan biasanya panitia menyediakan 1.000 mangkok bubur setiap hari untuk menjamu jamaah yang berbuka puasa selama bulan Ramadhan. 

5. Bubur Suruh, Tuban

Warga sekitar komplek Makam Sunan Bonang ini selalu berbagi bubur suruh selama Bulan Ramadan. Menurut cerita yang beredar tradisi ini sudah ada sejak Kanjeng Sunan Bonang masih hidup. Kala itu santrinya diminta membuat bubur untuk dibagikan kepada jamaah disaat berbuka puasa. Namun sekarang bedanya bubur itu dibagikan secara gratis kepada warga sekitar maupun kepada para peziarah yang datang Ke Komplek Makam Sunan Bonang.

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA