#HOTFIVE 5 Permen Khas dari Berbagai Negara

Penulis Windy
04 Jun 2018 - 10:30
SAI 100 FM | #HOTFIVE 5 Permen Khas dari Berbagai Negara Turkish Delight ( Turki)

Sai100fm.id – Si manis yang gak pernah ngeboseni yang cuman kamu, iya kamu “permen”. Hampir di setiap negara memiliki berbagai macam permen dari yang bentuknya lucu sampai bentuk yang aneh-aneh. Nah di #HotFive di #SaiGoodMorning bersama Windy Shahab dan Arin Zahra pagi ini membahas tentang 5 permen khas dari berbagai belahan dunia :

1. Nougat (Prancis)



Prancis terkenal dengan negara yang romantis dan manis. Manis karena coklatnya, manis karena budayanya dan manis karna permennya dong bukan janjinya. Nah Kalau kalian ke prancis jangan lupa mencicipi permen traditional bernama Nougat. Permen ini kombinasi dari gula atau madu, kacang pistachio, almond, hazelnut plus buah buahan kering lainnya. Teksturnya berbeda-beda ada yang lunak dan lembut  tergantung bahan yang dipakai. Sedangkan warnanya ada dua jenis, warna putih karena terbuat dari campuran putih telur dan cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih kriuk kriuk saat dikunyah.

2. Turkish Delight ( Turki)

Permen ini punya asli Lokum atau cyprus delight ini banyak sekali yang menyukainya karena teksturnya yang lembut dan lengket mirip jeli ditambah potongan kecil kaang kacangan seperti walnut, almond atau kenari serta taburan gula halus di sekelilingnya. Kalian masih ingat dengan film the chronicles of narnia: the lion, the witch, and the wardrobe? Nah di film ini ada adegan dari edmund yang bilang kalau dia suka banget sama Turkish Delight kepada White Witch. Permen yang sudah diproduksi sejak abad ke-15 ini berasal dari negara turki dna sudah menyebar di berbagai belahan duni seperti Inggris, Amerika dll.

 

3. Gummy Bear (Jerman)

 

Gummy Bear asal Jerman ini diciptakan oleh Riegel dari kota bonn di jerman pada tahun 1922. Warnanya yang bgeitu cerah dengan beraneka rasa ini membuat orang ingin seklai memakannya ya.Permen ini adalah cikal bakal berbagai bentuk penmen 'gelatin lengket' yang digemari di banyak negara. Gummy Bears punya nama asli  gummibar atau gummibarchen yang dalam bahasa inggris menjadi gummy bear. ketenaran permen ini mencapai negara amerika serikat. Di sana gummy bear mempunyai 5 rasa khas. yaitu rapsberry (warna merah), jeruk (warna orange), stroberi (warna hijau), nanas dan lemon (warna kuning).

 

4. Permen Jahe (Indonesia)

Waah siap nih dari kalian yang doyan banget makan permen jahe. Kalau dulu sih gampang banget dapetin permen ini ya tapi sekarang sudah sedikit susah untuk menemukan permen yang benar-benar asli dari jahe karna permen ini tergolong permen kuno di Indonesia. Permen ini sudah tercatat di dalam buku Island of Java karya John Joseph Stockdale, pelancong berkebangsaan Inggris, yang menyebutkan, pada tahun 1778 Belanda mengirim sebanyak 10.000 pon (atau sekitar 5.000 kilogram) produk yang disebut candied ginger dari Batavia ke Eropa. Makanan ini digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung atau dalam istilah ilmiah disebut flatulensi.

 

5. Bbopki (( Korea Selatan)

Bbopki  alias permen tradisional yang terbuat dari gula karamel manis. Permen ini juga jadi salah satu jajanan kaki lima yang sangat populer di negeri para hallyu star loh.  Permen mudah kalian temui di pinggir jalan di sudut-sudut negara ini.

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA