#HOTFIVE 5 Sejarah Kue Kering Khas Hari Raya, Yang Wajib Kamu

Penulis Windy
13 Jun 2018 - 11:40
SAI 100 FM | #HOTFIVE 5 Sejarah Kue Kering Khas Hari Raya, Yang Wajib Kamu Sumber : rumahmesin

sai100fm.id – Lebaran tinggal 2 hari lagi,  jadi kangen nastar sama kue-kue kering lainnya nih. Tapi siapa sangka kalau kue-kue kering yang biasa kita makan ternyata menyimpan sejarah dan arti tersendiri loh. Ini dia 5 jenis kue kering khas lebaran yang wajib kamu tau sejarahnya :

1. Nastar


Nastar adalah jenis kue kering paling populer saat Lebaran. Hampir setiap rumah pasti menyajikan setoples kue nastar. Kue nastar sendiri adalah kue kering berbentuk bulat dengan isian selai nanas, dan terkadang ditambah biji cengkeh di atasnya untuk menambah aroma. Berasal dari bahasa Belanda, kata nastar merupakan gabungan dari kata 'ananas' dan 'taart.'





2. Kastengel


Ini adalah kue kering Lebaran yang digemari pecinta keju. Sama seperti nastar, nama kue kastengel berasal dari bahasa Belanda. Yakni kata 'kaas' yang berarti keju dan 'stengel.' Kastengel memiliki citarasa gurih sedikit asin, dengan taburan keju di permukaannya.



3. Kue Semprit


Kue semprit berbentuk bulat dan bergelombang menyerupai bunga. Di bagian tengahnya biasanya ada butiran choco chip atau sejumput selai sebagai putik. Kue semprit memiliki beberapa jenis. Seperti semprit keju, semprit cokelat, dan semprit sagu. 



4. Lidah Kucing


Lidah kucing merupakan kue kering berbentuk pipih dengan permukaan yang agak kasar, mirip lidah kucing asli. Rasanya manis, gurih dan bertekstur renyah. 

Ternyata nama lidah kucing juga berasal dari bahasa Belanda. Yakni, 'katte tong.'



5. Putri Salju


Kue berbentuk bulan sabit dengan tekstur yang renyah dan lembut ini ditaburi gula bubuk putih yang terlihat seperti tumpukan salju. Berkat gula bubuk putih itu pulalah kue ini memiliki sensasi sedikit dingin di lidah ketika dimakan. 

 

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA