#HOTFIVE Habiskan Dana Rp 608 Miliar, ini dia 5 Fakta Menarik dari Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle

Penulis Windy
21 May 2018 - 16:10
SAI 100 FM | #HOTFIVE Habiskan Dana Rp 608 Miliar, ini dia 5 Fakta Menarik dari Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle Pangeran Harry dan Meghan Markle (Sumber : Foto: Solopos)

Sai100fm.id – Acara besar dari kerajaan Inggris akhinya terlakasan juga, pernikahan royal wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi menikah Sabtu (19/8) waktu setempat. Pasangan yang sudah berhubungan sejak dua tahun yang lalu itu mengucapkan janji sehidup semati di St George's Chapel, Windsor Castle, Inggris.

Pastor David Terrance Conner jadi sosok yang dipercaya untuk menikahkan Pangeran Harry dan Meghan Markle di altar gereja.  Dibalik pesat mewah yang sakral dan kalsik ini ada nih 5 Fakta menariknya di #HOTFIVE pagi tadi Senin, (21/05) bareng si Windy Shahab dan Devan Permana :



 

1. Gelar Baru untuk Pangeran Harry dan Meghan

Ternyata nih sebelum Pangeran Harry dan Meghan menikah, sang pengeran mendapatkan gelar Royal Highness Duke of Sussex. Selain Duke of Sussex, Pangeran Harry juga diberi gelar kebangsawanan Earl of Dumbarton, dan Baron Kilkeel.

Lalu setelah resmi menikah, Meghan Markle akan memiliki gelar Duchess of Sussex, Countess of Dumbarton dan Baroness Kilkeel. Gelar Duke of Sussex yang diberikan pada Pangeran Harry ini merupakan yang pertama dalam 175 tahun terakhir, dan yang kedua dalam sejarah Kerajaan Inggris. Gelar ini sebelumnya disandang oleh Pangeran Agustus Frederick pada 180. Pangeran Agustus Frederick merupakan putera keenam King George III. Woow keren juga ya sobat sai J

 

2. Royal Wedding Tak Dihadiri Ayah Meghan

Ayah Meghan, Thomas Markle, tidak dapat menghadiri pernikahan sang anak. Kepastian ini disampaikan langsung Meghan dalam sebuah pernyataan yang dirilis dalam akun Twitter Kensington Palace, yakni @KensingtonRoyal, Kamis (17/5).

“Sayangnya, ayah saya tidak akan menghadiri pernikahan kami,” kata Meghan.

Naumn ketidak datangan sang Ayah bukan berarti beliau tidka merestui pernikahannya loh sobat sai, tapi karena ia menderita penyakit jantung. Beberapa waktu lalu, ayahanda terkena serangan jantung dan harus dirawat secara intensif.

 

3. Tanggal Pernikahan Bertepatan dengan Eksekusi Istri Raja Henry VIII

Selain mereka memilih tanggal pernikahan di hari weekend, ternyata tanggal 19 mei ini juga merupakan hari eksekusi Anne Boleyn, istri kedua dari Raja Henry VIII, raja Inggris pada tahun 1536. Boleyn dipenggal di usia antara 28 atau 35 tahun, ini belum bisa dipastikan karena masih ada perdebatan antara sejarawan mengenai tahun kelahiran Boleyn. Eksekusi ini harus dilakukan Boleyn dituduh telah melakukan perbuatan zina dengan anggota keluarganya sendiri, dengan orang lain, dan juga merencanakan pembunuhan Raja Henry VIII.

 

4. Royal Wedding Habiskan Dana Rp 608 Miliar Dari Dana Pajak

Dilansir Reuters, Sabtu (19/5), sebuah perusahaan layanan perencanaan pernikahan, Bridebook, memperkirakan biaya pernikahan termasuk biaya keamanan Pangeran Harry-Meghan Markle bisa mencapai 32 juta poundsterling atau sekitar Rp 608 miliar (kurs Rp 19.000). Adapun, dari total biaya tersebut, biaya keamanannya sendiri mencapai 30 juta poundsterling atau sekitar Rp 571 miliar. Angka itu juga mencakup biaya kue sebesar 50.000 poundsterling atau sekitar Rp 952,4 juta, bunga dekorasi 110.000 poundsterling atau Rp 2,01 miliar, katering 286.000 poundsterling atau Rp 5,45 miliar, dan biaya lainnya. Sementara itu, ongkos keamanan pada acara pernikahan itu akan ditanggung oleh para pembayar pajak Inggris.

 

5. Menikah di gereja St. George Chapel

Gereja ini berada sekitar 35 kilometer dari London. Kapel ini sengaja dipilih karena pada saat usia Pangeran Harry baru 3 bulan, dirinya di baptis di sini.

Sehingga, menurut peraturan Gereja Inggris, Pangeran Harry juga berarti bisa melangsungkan pernikahan di kapel ini. St George's Chapel berada di bawah Windsor Castle. Windsor Castle sendiri merupakan landmark terkenal dari keluarga kerajaan Inggris. Konstruksi kapel dimulai pada 1475 oleh Edward IV dan selesai pada 1528 oleh Henry VIII.

 

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA