Impian Sukses Dayat Penjual Es Dawet

Penulis Ferdi Irwanda
06 Oct 2017 - 10:00
SAI 100 FM | Impian Sukses Dayat Penjual Es Dawet Rahmat Hidayat (24), penjual es dawet, melayani pembeli, Kamis (5/10/2017). LAMPUNG POST/FERDI IRWANDA

MENGGALA (SAI100FM.id) -- Di tengah hiruk pikuk suara bising kendaraan yang lalu lalang melintasi jalan lintas timur Sumatera, Kabupaten Tulangbawang, tampak seorang pemuda tengah sibuk menyiapkan dagangannya. Perlahan, ia mulai menepikan gerobak dorong jualannya, dan mengeluarkan dua buah kursi plastik, sembari menyiapkan tempat duduk bagi pembeli yang datang menghampirinya.
Ia biasa mangkal menjajakan dagangannya di bawah pepohonan rimbun di tepian jalan. Meski terik matahari terasa begitu menyengat kulit, ia terlihat tetap gigih mengumpulkan rezeki.
Rahmat Hidayat (24), demikian nama pemuda kelahiran Bandarjaya, Kabupaten Lampungtengah, itu dipanggil. Dalam kesehariannya, ia salah satu penjual es dawet di kawasan Unit II, Banjaragung.
Pria ramah itu mengaku belum teralu lama berjualan es dawet. "Sudah ada setahunan ini, Bang, saya jualan," ujar Dayat, Kamis (5/10/2017).
Dia menuturkan biasa mangkal sejak pukul 09.00 hingga 17.00. Dalam sehari ia mampu mengumpulkan pundi-pundi rupiah sebesar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu.
Dari berjualan es dawet seharga Rp4.000 per gelasnya. Namun, hasilnya akan berbeda ketika cuaca cerah tidak berpihak kepadanya. Daganganya akan sepi pembeli.
"Sehari masih bisalah saya menabung Rp50 ribu, Bang. Itu kalau pas cuaca cerah. Kalau pas musim hujan, untung-untungan, soalnya kan sepi yang minum es."
Meski demikian, Dayat tetap mensyukuri rezeki yang diperolehnya itu. Dari hasil jerih payahnya berjualan, ia kumpulkan demi mencukupi kebutuhan diri dan juga keluarganya sehari-hari.
"Mau berapa pun hasilnya harus tetap disyukuri. Sebab, yang lebih penting adalah saya mencari rezeki dengan cara yang halal dan tidak merugikan orang lain," kata dia.
Dayat mengaku dari hasilnya berjualan, masih ia sisipkan kembali sebagian hasilnya. Hal itu sebagai simpanan modal untuknya menikah dan mengembangkan usahanya kelak.
Mengembangkan usaha adalah tekadnya. Ketika ia bisa sukses dan dapat mengembangkan usahanya, Dayat berkeinginan membantu orang lain, dengan cara memberikan lapangan pekerjaan. 

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA