Ingin Menjadi Pemimpin di Usia Muda? Ini Tipsnya!

Penulis Rudiyansyah
01 Jul 2018 - 15:30
SAI 100 FM | Ingin Menjadi Pemimpin di Usia Muda? Ini Tipsnya! Ilustrasi

Sai100fm.id - MENJADI pemimpin itu bukan bakat dari lahir kan, Guys? Tetapi perlu dilatih dan dibiasakan dalam keseharian. Sebab, seorang pemimpin besar, pastilah lahir dari seorang pemimpin yang berhasil memimpin kelompok kecil. Nah, berikut ini beberapa karakter dan kiat yang bisa kalian lakukan untuk belajar menjadi pemimpin sejak usia muda.

Disiplin dan Berdedikasi



Sebagai seorang calon pemimpin, kalian harus sudah paham, kewajiban apa saja yang kalian miliki. Misalnya, kalian harus selalu berusaha menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu. Dengan demikian, kalian adalah sosok yang disiplin dan punya dedikasi pada setiap pekerjaan. Hindari memiliki niat untuk menunda pekerjaan atau tugas, sekecil apa pun itu. Dengan demikian, kalian sudah bersiap menjadi pemimpin yang siap menjalankan tugas-tugas yang lebih besar.

Pandai Berkomunikasi

Apakah kalian cakap berkomunikasi? Jika iya, ternyata hal itu bisa menjadi salah satu modal menjadi seorang pemimpin loh, Guys. Untuk itu, terus gali kemampuan komunikasi kalian, baik kepada teman, guru, dan relasi. Sebab, seorang pemimpin tentu saja harus pandai membawa diri. Hal itu akan membawamu satu langkah lebih dekat dengan jabatan pemimpin yang kamu impikan.

"Jika ingin menjadi pemimpin, berarti kalian juga harus bisa menerima kritikan."

Membangun Empati

Hal lain yang juga perlu kalian latih untuk menjadi seorang pemimpin adalah rasa kepedulian atau empati. Sebab, seorang pemimpin harus memiliki hal tersebut, untuk kelompok atau masyarakat yang nanti dipimpin. Untuk menumbuhkan empati, kalian bisa menerapkan mulai dari lingkungan kalian, seperti selalu membantu teman atau saudara yang mengalami kesulitan atau masalah. Namun, juga harus dibarengi dengan ketulusan dan kebesaran hati ya.

Tidak Antikritik

Jika ingin menjadi pemimpin, berarti kalian juga harus bisa menerima kritikan. Sebab, seorang pemimpin harus terbuka dengan kritikan dan dapat memaknainya untuk terus membangun diri. So, mulai dari sekarang jangan suka emosi ya, kalau ada orang lain seperti sahabat yang terbuka mengkritik kalian. Semoga, beberapa kiat tersebut bisa terus membangun karakter kalian untuk jadi pemimpin-pemimpin muda yang menginspirasi ya, Guys.

Komentar

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA