Ini Dia 5 Makanan Termahal di Asia Tenggara? Yuk Check It Out!

Penulis Arin Zahra
06 Apr 2018 - 18:00
SAI 100 FM | Ini Dia 5 Makanan Termahal di Asia Tenggara? Yuk Check It Out! Ayam Cemani salah satu menu makanan termahal di Asia Teggara. Foto : firstwefeast

Banyaknya varian makanan masyarakat di kawasan negara-negara Asia Tenggara, ternyata menjadikan beberapa diantaranya menjadi makanan  termahal di dunia. Wow seberapa mahal ya? 
Untuk itu, yuk kita simak berikut lima jenis makanan di beberapa negara kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang menjadi makanan termahal di dunia yang diulas dalam program Hot Five Sai Radio 100fm, Jumat (6/4/2018).

1. Jamur Morel Kahsmir  (Myanmar)



Foto : NDTV
Jenis makanan termahal pertama adalah jenis jamur morel yang merupakan jamur yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tengah yaitu negara Myanmar.  Iklim kawasan utara Myanmar yang dingin karena berbatasan langsung dengan jalur pegunungan Himalaya menjadi tempat terbaik tumbuhnya jenis jamur ini. Jamur yang disebut memiliki kelezatan spesial dan berbeda dari jenis jamur lain ini dibandrol seharga Rp 8 juta per kilogramnya. Ups lumayan juga ya.

2. Si Hitam Ayam Cemani  (Indonesia)

Foto : FirstWeFeast.com
Menu termahal selanjutnya adalah olahan jenis ayam berwarna serba hitam yang dikenal dengan jenis ayam Cemani. Daging, hingga tulang ayam ini berwarna hitam pekat. Spesies ayam yang hanya diternakkan di Indonesia ini rata-rata memiliki harga jual sekitar Rp 2 juta per ekornya. Dulu ayam cemani bisa diekspor ke luar negeri, namun kini hanya dibolehkan ekspor dalam bentuk daging potong atas alasan kesehatan. Biasanya, daging ayam cemani dimasak untuk melengkapi sajian ritual di sebagian budaya Jawa, dan disebut memiliki cita rasa daging yang sangat gurih.

3. Olahan Sarang Burung Walet  (Thailand)

Foto : Steamy Kitchen
Sejatinya, sarang burung walet dapat dibudidayakan di beberapa kawasan lain di Asia Tenggara, namun hanya kawasan Chiangmai di utara Thailand-lah yang memiliki kualitas terbaik hingga saat ini. Sarang ini tercipta hampir seluruhnya dari air liur burung walet, dan disebut memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti kalsium, mineral, dan zat besi. Biasanya, bahan pangan dengan kisaran harga Rp 30 juta per kilogram itu disajikan sebagai penyedap sup di banyak restoran masakan China.

 

4. Kopi Luwak  (Indonesia)


Yang ini banyak loh di Lampung. Siapasih yang sekarang nggak tau kopi luwak. Kopi khas Indonesia yang banyak ditemukan di daerah Lampung Barat ini, menjadi jenis varian kopi yang sudah melegenda di dunia. Kopi yang diambil dari kotoran luwakini disebut memiliki tingkat keasaman yang pas, sehingga mampu menonjolkan cita rasa dan aroma kopi yang lebih kuat. Harga yang harus dibayar untuk membeli satu ons kopi luwak adalah sekitar Rp 5 juta. 

5. Laksa Chinoz  (Malaysia)

Foto : YTMIG

Dari negara Jiran Malaysia, ada satu jenis makanan yang juga tak kalah mahal. Jenis makanan itu adalah Laksa Chinoz ini yang dibanderol seharga Rp 530 ribu per porsi, laksa ini merupakan salah satu menu andalan di restoran Chinoz on the Park di dalam Menara Kembar Petronas. Isiannya sederhana, namun hal, yaitu terdiri dari mie buatan tangan, satu ekor lobster yang diimpor dari negara bagian Maine di Amerika Serikat, irisan cabai merah, timun, dan sejumput taburan daun mint.

Sumber : qraved.com

Komentar

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA