Kegalauan Zainal akan Tanaman Padinya yang Rusak

Penulis Armansyah
13 Sep 2017 - 10:00
SAI 100 FM | Kegalauan Zainal akan Tanaman Padinya yang Rusak Zainal Arifin (46), petani asal Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, menyulam tanaman padi miliknya akibat diserang penyakit di desa tersebut, Rabu (12/9/2017). LAMPUNG POST/ARMANSYAH

KALIANDA (SAI100FM.id) -- Terik matahari di Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, begitu menyengat di kepala, Selasa (12/9/2017), sekitar pukul 10.00. Keringat dari kepala pria setengah paruh baya itu mulai mengucur.
Di bawah deraan sengatan mentari, dengan raut wajah yang tampak begitu kelelahan, pria itu terus menyulam tanaman padi miliknya yang rusak akibat terserang penyakit. Satu per satu rumpun batang padi yang rusak terus ia sulam.
Pria yang kesehariannya bertani itu adalah Zainal Arifin. Saat ditemui SAI100FM.id, Zainal mengaku galau melihat kondisi tanaman padi miliknya rusak akibat terserang penyakit. Ia mengaku lahan tanaman padi seluas setengah kotak rusak mati.
Zainal cukup terpukul dengan kondisi tanaman miliknya yang hanya seluas dua kotak atau setengah hektare, tapi masing-masing setengah kotaknya rusak. Ia pun hanya bisa pasrah dengan kondisi tersebut.
"Saya juga heran, kok tanaman padi saya sendiri yang rusak. Lahan sawah di kiri dan kanan dari lahan milik saya enggak rusak. Kalau salah dalam penyemportan atau pemupukan, pasti semua rusak. Ini hanya sebagian yang rusak," kata dia.
Meskipun demikian, Zainal Arifin terus berdoa dan berikhtiar kepada Allah swt agar diberikan keajaiban terhadap tanaman padinya itu. Saat ini, lahan sawah miliknya itu kini dibiarkan kering untuk mengantisipasi kerusakan lebih parah.
"Saya dianjurkan dari penyuluhan pertanian agar air di lahan sawah dikeringkan. Kemudian, lahan dikasih zat kapur supaya menetralisasi penyakit. Mudah-mudahan tanaman padi saya bisa normal lagi," ujarnya.

Tags

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA