Ketika Mereka Guyub Memperbaiki Jalan

Penulis Armansyah
12 Oct 2017 - 10:30
SAI 100 FM | Ketika Mereka Guyub Memperbaiki Jalan Camat Sragi, Lampung Selatan, Bibit Purwanto (topi putih) bersama masyarakat Desa Margasari saat bergotong royong menimbun jalan ruas Jalan Margasari—Mandalasari yang rusak parah, Jumat (6/10/2017). LAMPUNG POST/ARMANSYAH

KALIANDA (SAI100FM.id) -- Mentari pagi mulai menyinari bumi, Jumat (6/10/2017). Namun, Sang Surya belum begitu meninggi. Satu per satu masyarakat Desa Margasari, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, berkerumunan untuk bergotong royong menimbun jalan penghubung antardesa.
Tanpa aba-aba, mereka mulai menggunakan alat seadanya, seperti cangkul, golok, dan sekop, yang dibawa dari rumah. Beberapa menit kemudian, aparatur desa bersama Camat Sragi Bibit Purwanto serta jajarannya terjun ke lokasi gotong royong.
Dengan rasa kekompakan, aparat Desa Margasari secara spontan berinisiatif membeli batu sabes sebanyak lima dump truck untuk menimbun jalan yang berlubang. Satu per satu warga yang berbaur langsung meratakannya.
Sepanjang 2 kilometer jalan penghubung Desa Mandalasari—Margasari itu rusak. Namun, paling parah berada di areal Pematangsawah, Desa Margasari, sepanjang 900 meter. Kendaraan yang melintasi jalan berlubang itu harus ekstrahati-hati.
"Sudah lama, Mas, jalan ini rusak. Hampir tiga tahun ini rusak. Padahal sebelumnya jalan ini sudah dibangun, tetapi sudah rusak parah lagi. Banyak jalan berlubang yang menyulitkan masyarakat saat melintasinya. Kami sangat berharap pemerintah segera memperbaiki jalan ini supaya transportasi antardesa lancar," ujar Budi (43), warga Desa Margasari.
Tidak hanya aparatur Desa Margasari, beberapa aparatur Desa Mandalasari pun terjun bergotong royong. Rasa kekompakan yang ditanam itu menunjukkan keinginan masyarakat setempat, jalan poros itu agar diperbaiki.
Sebab, jalan penghubung antarkecamatan itu belum tersentuh sejak puluhan tahun silam. "Sudah lama jalan ini belum diperbaiki, sedangkan lubangnya sudah banyak. Yang jelas, kami berharap kerusakan jalan di desa kami segera diperbaiki," kata Kades Margasari Hermawan. 

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA