Memilih Olahraga dalam Ruangan atau di Luar?

Penulis Nur Jannah
06 Apr 2018 - 8:00
SAI 100 FM | Memilih Olahraga dalam Ruangan atau di Luar? warga memilih berolahraga di luar ruangan. Foto : Zainuddin

HALO Sahabat Muda! Kalian pilih yang mana nih antara olahraga di dalam ruangan dan di luar ruangan? Baik di dalam maupun di luar keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa pun pilihan kamu, so pasti olahraga menyehatkan badan. Dengan olahraga, selain tubuh menjadi sehat dan bugar, berpikir juga jadi positif loh!

Sahabat muda, Natasya Abelia, mengaku menyukai olahraga luar ruangan. Sebab dengan berolahraga di luar, yakni di alam terbuka, lebih banyak manfaat yang dirasakan untuk tubuh. Misalnya, sirkulasi udara yang masuk lebih banyak, kemudian juga bisa terpapar sinar matahari langsung.



Pelajar yang menyukai olahraga basket itu juga mengatakan banyak manfaat lain yang didapatkan dengan berolahraga di luar ruangan, misalnya tempatnya luas serta tidak pengap. "Outdoor itu bisa dapat matahari sekaligus. Jadi tidak hanya keringat," kata perempuan yang menyukai olahraga basket dan bola voli itu.

Untuk melatih kemampuannya bermain basket dan berolahraga, siswi SMK 4 Bandar Lampung itu berolahraga rutin satu minggu tiga kali. "Kalau dulu seminggu lima kali, tetapi sekarang sudah kelas XII. Mau ujian jadi lebih fokus ke belajar, jamnya juga dikurangi."

Sementara Sahabat Muda lainnya, Oci Fitrianti, mengaku lebih tertantang dengan olahraga luar ruangan. Menurut dia, berlari di lapangan terbuka setiap hari bisa melihat orang yang berbeda setiap harinya. Selain itu kala pagi atau sore, udara di luar lebih segar.

"Kalau di luar ruangan pemandangannya setiap hari berbeda, tetapi kalau olahraga malam lebih sukanya indoor. Bergantung waktunya juga, jadi menyesuaikan."

"Kalau di luar ruangan pemandangannya setiap hari berbeda, tetapi kalau olahraga malam lebih sukanya indoor. Bergantung waktunya juga, jadi menyesuaikan," ujar mahasiwa FKIP Universitas Lampung itu.

Menurut Oci, olahraga di lapangan terbuka seperti jogging atau lari lebih enak jika dilakukan bersama-sama. Olahraga kian seru dan bersemangat.

"Kalau olahraga indoor juga kan bayar. Jadi kalau mau olahraga suka mikir ulang karena sewanya mahal," kata perempuan yang gemar berolahraga badminton itu.

Hal senada diungkapkan Syalma Febyola, yang juga menyukai olahraga luar ruangan. Sebab dengan berolahraga di ruang terbuka bisa bertemu banyak orang, hemat biaya, dan tidak menguras kantong. Selain itu terbuka untuk umum, misalnya lapangan atau stadion.

"Olahraga outdoor enggak nguras kantong bahkan gratis. Kemudian olahraga outdoor keringatnya dapat, matahari juga dapat," ujar siswi MAN 2 Bandar Lampung yang hobi main basket itu.

 

Dalam Ruangan

Hal berbeda diungkapkan Edna Perdana. Dia memilih olahraga di dalam ruangan. Menurutnya, olahraga di dalam ruangan lebih fokus dan tidak terganggu oleh cuaca, misalnya hujan dan matahari yang begitu menyengat.

Dengan demikian olahraga menjadi lebih nyaman tanpa harus terpotong waktunya jika turun hujan dan sebagainya. "Kalau di indoor, walaupun hujan waktunya tidak terpotong. Lebih enak tempatnya juga nyaman di indoor," ujarnya.

Edna juga menjelaskan selama ini dia banyak menghabiskan waktu berolahraga, seperti di Lampung Walk dan lapangan badminton sekolah. Biasanya olahraga di dalam ruangan tempatnya juga lebih bersih dan teratur ketimbang yang di luar ruangan. (M1)

Komentar

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA