Mereka Bergotong Royong dalam Dinginnya Udara

Penulis Deta Citrawan
30 Sep 2017 - 8:35
SAI 100 FM | Mereka Bergotong Royong dalam Dinginnya Udara Warga Pekon Ulokmukti bersama Satgas TMMD bergotong-royong memanggul bahan material untuk membangun jembatan Way Telamak, penghubung antara Pekon Ulokmukti dan Pekon Bumiratu, Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat. LAMPUNG POST/DETA CITRWAN

KRUI (SAI100FM.id) -- Jarum jam pada arlogi menunjuk pukul 07.30, Kamis (28/9/2017). Suasana hening di pagi hari begitu terasa. Aroma khas pedesaan menghiasi pagi itu. Masyarakat setempat mulai ramai beranjak dari kediamannya masing-masing melawan pagi yang dingin.
Desa itu ialah Pekon Ulukmukti, Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat. Udara dingin sisa guyuran hujan semalam tidak menyurutkan warga berkumpul bersama anggota TNI dari Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0422/Lampung Barat (Lambar).
Warga setempat dengan TNI bergotong-royong membangun jembatan di Way Telemak, Pekon Ulokmukti. Dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-100 yang dilaksanakan di Pekon Ulokmukti dan Pekon Bumiratu, Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat.
Namun, pagi itu para warga dan anggota TNI harus mengelus dada, sebab material yang semestinya akan diangkut menggunakan kendaraan bermotor ke lokasi pengerjaan pembangunan tidak dapat berjalan disebabkan akses jalur yang berlumpur.
Tanpa menunggu lama, para warga yang datang dan anggota TNI bertugas sebagai satgas Program TMMD ke-100, mengangkut material yang terdiri dari pasir dan semen dengan cara dipanggul ke lokasi secara bergotong royong.
Dengan bertelanjang kaki, warga terlihat bersemangat dan antusias bergiliran mengambil tumpukan pasir dan dimasukkan ke karung yang telah disediakan. Kemudian, dibawa ke lokasi pembangunan jembatan penghubung antara dua pekon itu.
“Satgas TMMD bersama masyarakat tetap semangat walaupun harus memanggul pasir dengan karung. Ini bukti tidak terbantahkan jiwa gotong royong masih ada di tengah-tengah masyarakat kita,” ujar Dandim 0422/Lambar Letkol Infanteri Iskandar.
Hal itu pun sesuai apa yang telah diungkapkan Danrem 043/Gatam Kolonel Infanteri Hadi Basuki dalam pembukaan TMMD ke-100 beberapa waktu lalu. Bahwa bagi TNI hambatan itu tidak ada, sebab hambatan merupakan tantangan bagi seorang prajurit TNI.
“Namun, program ini harus dapat diselesaikan tepat waktu dan dengan kualitas baik sehingga hasilnya dapat bermanfaat sebagai jalur transportasi dan jalur ekonomi masyarakat,” kata Iskandar. 

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA