Ruang Tunggu Pengadilan Pelepas Kerinduan Para Tahanan

Penulis Febi Herumanika
19 Oct 2017 - 3:30
SAI 100 FM | Ruang Tunggu Pengadilan Pelepas Kerinduan Para Tahanan Para kerabat para tahanan terlihat menunggu di lokasi tunggu khusus yang disediakan oleh Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Senin (16/10/2017). LAMPUNG POST/FEBI HERUMANIKA

HUJAN deras mengguyur Kota Bandar Lampung, Senin (16/10/2017) siang. Di Pengadilan Kelas IA Tanjungkarang mulai ramai dikunjungi kerabat serta sanak saudara dari para terdakwa yang akan disidang. Para pegawai pengadilan dengan seragam khas hijau tua pun sudah mulai disibukkan dengan kegiatan mereka masing-masing. Para jaksa dengan seragam cokelatnya juga mulai memenuhi kantor tempat keseharian para terdakwa menjalani persidangan.
Saat itu, suara sirene dua bus hijau tua pengangkut tahanan mulai terdengar dari kejauhan. Sanak saudara dari para tahanan kejaksaan sudah mulai menunggu di tempat yang telah disediakan oleh Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Bandar Lampung. Dua belas anak tangga serta delapan kursi kayu hampir setiap hari diduduki para keluarga terdakwa sembari menunggu giliran melepas rindu dengan terdakwa di ruang tahanan.
Cukup menarik ruang tunggu yang disediakan pengadilan itu. Selain berdekatan dengan musala tempat melaksanakan ibadah salat bagi umat muslim, pengadilan itu pun menyediakan berbagai jajanan atau makanan kecil. Tak heran, banyak dari keluarga terdakwa tidak membawa makanan untuk para terdakwa, melainkan membeli dari warung yang bersebelahan dengan ruang tunggu khusus keluarga tersebut.
Bak pasar, dari usia balita hingga lansia, setiap waktu di lokasi tunggu itu selalu ramai. Dari penjual makanan kecil hingga pedagang mainan anak pun ada di situ. Para pengunjung juga tidak terlihat merasa bosan, lantaran lokasi yang disediakan pihak pengadilan cukup bersih dan tidak panas. Di lokasi itu pun tak jarang dijadikan jaksa sebagai tempat beristirahat.
Tidak mesti kartu antrean dan jam tunggu besuk, selagi petugas penjaga tahanan memperbolehkan masuk untuk melepas rindu dengan para terdakwa, pihak keluarga pun masuk secara bergiliran. Sekitar enam petugas penjaga berbadan besar dan tegap selalu bersiaga di pintu masuk sel tahanan. Beberapa petugas itu pun terlihat ramah dengan pengunjung. Sesekali mereka membantu kerabat dari tahanan untuk memberikan makanan yang dibawa oleh keluarga tahanan.
Makanan yang terbungkus kantong plastik secara bergiliran oleh para kerabat dari para terdakwa diberikan dari balik jeruji besi. Sesekali terlihat terdakwa mencium anak dan istrinya dari balik jeruji. Kemesraan dari balik jeruji juga terlihat jelas hampir setiap hari.
Di bagian dalam sel tahanan, isak tangis bercampur kegembiraan hampir setiap hari tergambar dan terdengar di Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Di balik jeruji besi berwarna putih penjara pengadilan itu, kerabat serta keluarga para terdakwa melepas rindu setelah sekian lama tak bertemu.
"Nyaman kalo di sini. Meskipun statusnya kita menjenguk kerabat yang tersandung masalah hukum, lokasinya bagus tidak panas dan tidak kehujanan ketika hujan," kata Rizki salah satu kerabat tahanan yang berkunjung ke pengadilan. 

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA