Tim Rugbi Lampung Bungkam Sumsel

Penulis Iyar Jarkasih
25 Oct 2017 - 22:45
SAI 100 FM | Tim Rugbi Lampung Bungkam Sumsel Para pemain rugbi Lampung mencoba mengamankan bola dari para pemain Yogyakarta pada pertandingan Kejurnas 7's di Stadion Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta, Rabu (25/10/2017). DOK. PRUI LAMPUNG

JAKARTA (SAI100FM.id) -- Tim Rugbi Lampung meraih kemenangan pada laga perdana Pul A Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rugby 7's 2017 di Stadion Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta, Rabu (25/10/2017). Menghadapi Sumatera Selatan, skuat besutan Yohannes Musiuran Mema menang dengan skor 12-5.
Lampung yang baru pertama kali mengikuti kejurnas rugbi tersebut tampil brilian di babak pertama dengan langsung unggul 12-0. Namun, di babak kedua, tim Sumsel sempat bangkit dan mampu memperkecil kedudukan menjadi 12-5. Hingga pertandingan usai, skor 12-5 untuk kemenangan tim Lampung tidak berubah.
Di game kedua, tim Lampung yang berhadapan dengan lawan tangguh, Papua, harus menyerah dengan skor 0-42. Di pertandingan ketiga, Lampung kembali harus bentrok dengan tim kuat Yogyakarta. Hasilnya, Allfrandi Riskan dkk kembali takluk dengan skor 0-47.
Hingga pertandingan ini diturunkan, tim Lampung masih melakoni laga keempat kontra Jawa Tengah dan pertandingan terakhir melawan tim tuan rumah DKI Jakarta. Secara matematis, peluang menang atas Jawa Tengah cukup terbuka.
"Di atas kertas seharusnya kami bisa menang lawan Jawa Tengah. Mudah-mudahan pemain bisa tetap tampil fokus dan tidak terpengaruh dua pertandingan sebelumnya," kata penanggung jawab tim rugbi Lampung, Iwan Rinaldo Syarief, melalui telepon, kemarin.
Iwan yang juga Ketua Pengurus Daerah Persatuan Rugbi Union Indonesia (PRUI) Provinsi Lampung itu mengatakan pada kejurnas tersebut, pihaknya memang tidak memasang target tinggi. Apalagi dari hasil undian, Lampung tergabung di grup neraka.
"Dari awal kami memang tidak membebani atlet dengan target. Tim ini baru terbentuk. Keinginan awal kami di kejurnas ini adalah tidak kalah dari tim lain yang juga baru terbentuk," ujar Iwan.

Potensi Besar



Meski dipastikan gagal melangkah ke fase selanjutnya, Iwan menilai tim rugbi Lampung memiliki potensi yang luar biasa besar untuk bisa berprestasi. Menurut dia, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk bersama-sama mengembangkan olahraga rugbi di Lampung.
"Tim ini baru terbentuk melalui seleksi dan pelatda dari 1—12 Oktober 2017. Tim ini bisa terbentuk berkat dukungan berbagai pihak, termasuk Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. Potensi tim Lampung ini cukup luar biasa," kata Iwan.
Ia mencontohkan kemenangan atas Sumsel yang notebene sama-sama tim baru dari Sumatera, mengindikasikan kemampuan skuat rugbi Lampung lebih baik. "Kemenangan atas Sumsel cukup prestisius di kejurnas kali ini karena Sumatera hanya diwakili Lampung dan Sumsel."
Ia menambahkan pengalaman bertanding menjadi salah satu kunci untuk membina para atlet rugbi Lampung agar ke depannya dapat berprestasi lebih baik. "Kepercayaan diri para pemain juga masih perlu ditingkatkan," ujarnya.

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA