Yakin Nih, Pakai Masker Bisa Mencegah Tertular Flu?

Penulis Rudiyansyah
06 Apr 2018 - 16:10
SAI 100 FM | Yakin Nih, Pakai Masker Bisa Mencegah Tertular Flu? Ilustrasi.Foto: klikdokter

Suka pakai masker sebelum keluar rumah? Pasti kalian sering kan, ngelihat orang-orang pakai masker saat di kendaraan umu, di jalanan, atau saat beraktivitas di luar ruangan.
Tak hanya orang yang sedang sakit, orang yang sehat pun banyak yang memilih memakainya agar tidak tertular berbagai virus, terutama flu.
So, masker yang semula hanya dikenakan oleh petugas media, kini menjadi barang yang populer digunakan masyarakat umum, tak terkecuali anak-anak muda.
Tapi apa bener nih, masker bisa mencegah kita terkena flu? Untuk menjawab itu, coba deh baca sedikit sejarah tentang masker ini.
Masker bedah mulai digunakan para dokter di ruang operasi pada akhir 1800an, dan mulai dikenakan masyarakat umum pada 1918.  
Seabad kemudian, teknik molekuler modern mengonfirmasi bahwa benar masker ini dapat memberi perlindungan terbaik terhadap penyebaran flu. Pada studi tahun 2013, peneliti menghitung jumlah partikel virus udara di sekitar penderita flu. Peneliti menemukan bahwa masker membantu menekan penyebaran virus flu sebanyak 25 kali lipat.
"Virus flu berada di udara, jadi masker secara mekanis dapat mencegah virus flu menulari orang lain. Masker bekerja dengan dua cara, mencegah penularan virus ke orang lain, dan menjaga penderita flu dari infeksi yang lebih berat," jelas Sherif Mossad, MD, spesialis penyakit menular di Klinik Cleveland, dilansir dari Health.
Masker kini semakin mudah didapatkan di apotek-apotek hingga swalayan.

"Menggunakan masker sepanjang waktu untuk mencegah tertular flu tidak dianjurkan untuk orang sehat, kecuali pada mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah."

Tidak Begitu Berguna



Tapi perlu diketahui ya guys, sebaiknya kalian hanya menggunakan masker untuk sekali pakai, karena benda ini mudah terpapar dengan kotoran lewat udara. Selain itu, para ahli juga menekankan masker lebih efektif digunakan pada orang yakin sakit, dan tidak begitu berguna pada mereka yang sehat.
"Menggunakan masker sepanjang waktu untuk mencegah tertular flu tidak dianjurkan untuk orang sehat, kecuali pada mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah," pungkas dokter Mossad.
Sebab, masker tidak seratus persen dapat mencegah penyebaran flu. Jika kalian terserang flu, hal terbaik yang bisa dilakukan agar tak menulari orang lain adalah dengan beristirahat di rumah. Mencuci tangan juga menjadi kebiasaan baik yang tak boleh diabaikan. (MTN/M2)

 

 

Komentar

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA