Yoga Mengais Rezeki dari Pangkas Rambut

Penulis Armansyah
29 Sep 2017 - 9:00
SAI 100 FM | Yoga Mengais Rezeki dari Pangkas Rambut Jimy Prayoga (23), warga Desa Palaspasemah, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, saat memangkas rambut pelanggannya di Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Selasa (26/9/2017). LAMPUNG POST/ARMANSYAH

KALIANDA (SAI100FM.id) -- Cuaca yang cukup cerah, Rabu (28/9/2017), sekitar pukul 09.15. Terik mentari pagi menjelang siang mulai menyengat di kepala. Hilir mudik kendaraan cukup ramai di jalan poros tepatnya di Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan.
Di tengah keramaian hilir mudik kendaraan, tampak pria muda serius mencukur rambut pelanggannya. Dengan peralatan gunting di sebelah kanan dan sisir sebelah kiri tangannya, pria itu cekatan membentuk rambut sesuai keinginan pelanggannya.
Pria berkemeja hitam dan putih itu Jimy Prayoga namanya. Keseharian pria itu bekerja sebagai tukang pangkas rambut. Dengan bekal bakat yang dimiliki dalam memotong rambut, Yoga, begitu disapa, harus menghidupi anak dan istrinya.
Yoga mengaku hasil yang diperolehnya dari jasa memangkas rambut itu tak begitu banyak. Namun, ia tetap mensyukuri hasil kerja kerasnya itu untuk menafkahi keluarga kecilnya. Keahliannya itu ia dapat dari pulai seberang.
"Alhamdulillah, dulu pernah kursus cara memangkas rambut saat di Pulau Jawa. Setelah saya menikah sekitar satu setengah tahun lalu, keahlian dalam memangkas rambut saya jadikan sebagai mata pencarian," kata bapak satu anak itu.
Yoga mengaku pendapatannya dalam sehari-hari tidak menentu. Namun, di saat banyak pelanggan yang memangkas rambut, ia mampu mengumpulkan uang sebesar Rp200 ribu—Rp250 ribu per hari, sedangkan di saat sepi pengunjung hanya mampu mengumpulkan sebesar Rp50 ribu—Rp100 ribu per hari.
"Kalau ramai, bisa mencapai 20—25 orang yang saya cukur dalam sehari. Namun, kalau sepi paling hanya sekitar 10 orang atau bisa di bawah itu. Biasanya, paling ramai di saat menjelang Hari Raya Idulfitri. Selain yang mencukur, banyak juga yang toning, smoothing, dan lainnya," kata warga Desa Palaspasemah, Kecamatan Palas, Lamsel, itu.
Dari hasil memangkas rambut itu, Yoga mengaku ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika uang yang didapatkan melebihi kebutuhan sehari-hari, maka ia tabungkan untuk masa depan anak. "Ya, ada lah walaupun sedikit saya tabungkan untuk keperluan mendadak atau masa depan anak nanti," kata dia yang kini berusia 23 tahun itu. 

Komentar

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

REKOMENDASI

BACA JUGA

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA