Sineas Bersyukur Industri Periklanan Indonesia Semakin Berubah

Sutradara Ef Loygara merasa senang dengan perkembangan industri periklanan di Indonesia. Pria yang akrab disapa Fico itu menganggap para pengiklan dan pembuat iklan semakin kreatif.

Dalam pengamatan Fico, sejumlah iklan berlomba-lomba menampilkan kreasi yang unik dan lucu agar mencuri atensi. Founder Ronaksara menyebut industri periklanan saat ini telah banyak mengalami perubahan, terutama dari sisi format dan durasi.

“Setiap hari kita diterpa berbagai iklan yang muncul di sosial media, platform e-commerce, billboard, hingga televisi. Ragam iklan yang unik, lucu, hingga drama berlomba-lomba mencuri perhatian penontonnya,” kata Fico dalam keterangan tertulisnya.

Kehadiran platform digital dan media sosial turut menjadi pemicu perubahan itu. Fico melihat berbagai brand, pengiklan, dan pekerja kreatif terus beradaptasi dalam mengemas pesan.

“Di era perkembangan media digital sekarang ini, pembuatan video komersial menjadi sangat fleksibel. Sutradara misalnya, memiliki keleluasaan dari sisi durasi dan kemasan cerita yang kreatif sehingga dapat dengan mudah memikat penontonnya,” paparnya.

Sineas Bersyukur Industri Periklanan Indonesia Semakin Berubah
Fico saat menerima Gold di Citra Pariwara 2022 (Foto: instagram)

Sineas yang baru saja meraih penghargaan di Citra Pariwara 2022 kategori Film-Craft Directing ini mengatakan, penonton semakin cerdas dalam mengkonsumsi iklan. Bukannya tergiur dengan iklan hard selling, mereka justru lebih tertarik dengan iklan-iklan yang dapat menyentuh secara emosional dan membawa pesan secara subliminal.

“Penonton saat ini sudah semakin cerdas. Mereka lebih senang disuguhkan iklan yang lebih menyentuh ke emotional value daripada rational value. Sehingga beriklan sekarang tidak melulu harus hard selling dan kaku,” paparnya.

Dilansir dari: medcom.id

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE