SAI 100 FM Logo


Asal Mula Julukan Negara- Negara Dunia dan Alasanya 

Penulis Arin Zahra
17 April 2018 18:00:00
SAI 100 FM | Asal Mula Julukan Negara- Negara Dunia dan Alasanya  Suasana Monumen Nasional (Monas) Jakarta di malam hari. ANTARA/WAHYU PUTRO A

TAU gak Sobat Sai, setiap negara pasti memiliki julukan masing-masing yang didapat berdasarkan ciri khas dan keunikan yang dimiliki negara tersebut. Berikut adalah daftar julukan lima negara di dunia yang baru saja dibahas di program Hot Five Sai Radio 100 FM, Senin (16/4). Langsung saja sobat simak di bawah ini ya.


1. Amerika Serikat (Negeri Paman Sam)

‘Paman Sam’, begitulah orang-orang menyebut Amerika Serikat. Tahu nggak sih kalau julukan tersebut tercetus karena faktor ketidaksengajaan, lho. Amerika Serikat medapatkan nama panggilannya ‘Negeri Paman Sam’ pada 7 September 1813. Nama ini berhubungan dengan Samuel Wilson, seorang penyuplai daging untuk perang di Amerika Serikat, kala itu.
Wilson mencap tong-tong tersebut dengan sebutan ‘US,’ atau singkatan dari United States (Amerika Serikat), namun para tentara menganggapnya sebagai singkatan dari ‘Uncle Sam (Paman Sam)". Koran lokal mengangkat cerita ini dan ‘Paman Sam’ mulai diterima sebagai panggilan pemerintahan federal Amerika Serikat.
  

2. Belanda (Negeri Kincir Angin) 

Belanda negeri kincir angin via eskipaper.com

Awalnya, 70% wilayah belanda adalah laut. Nah, untuk memperbesar wilayahnya, pantai di sekeliling tepi Belanda dikeruk dan dibuat bendungan. Dalam proyek perbesaran wilayah itu, kincir angin memegang peranan penting yakni sebagai alat untuk mengalihkan dan membendung air, juga untuk menangkap dan mengalihkan banyak angin. 
Dengan adanya perkembangan teknologi kini kincir angin pun fungsinya lebih berkembang antara lain digunakan sebagai salah pembantu dalam bidang pertanian dan industri. Itu sebabnya, negeri Belanda juga terkenal dengan sebutan negeri kincir angin.
  

3. China (Negeri Tirai Bambu)

Tanaman bambu Cina (Bambusa multiplex) terkenal dengan kualitas terbaik dunia karena sangat kuat dan tidak mudah patah. Sedangkan kata ‘tirai’ digunakan karena China berpaham antisosial atau tertutup dengan dunia luar. Dua ikon ini jadi julukan China, yaitu “Negeri Tirai Bambu”.
  

4. Irak (Negeri 1001 Malam)

Alkisah, seorang Sultan di daratan Persia bernama Raja Syahriyar, marah besar setelah menangkap basah istrinya tengah berselingkuh. Raja Syahriyar langsung memancung istrinya beserta laki-laki yang menjadi selingkuhannya. Sejak saat itu, Raja Syahriar memerintahkan Perdana Menteri untuk mencarikannya gadis untuk dinikahinya secara resmi, namun kemudian esok sorenya dihukum pancung. 
Telah banyak wanita yang menjadi korban kebiadaban Raja Syahriyar. Hingga akhirnya, putri Perdana Menteri yaitu Syahrazad, dengan tanpa paksaan meminta

Related Posts

Pemberani? Cobain nih 5 Makanan yang dimakan Hidup-hidup. Semut aja Dibuat Jadi Salad!
Kisah Cinta Ala FTV yang Bisa Kejadian di Jaman Sekarang
Ini Dia 5 Makanan Termahal di Asia Tenggara? Yuk Check It Out!
untuk menikah dengan sang Raja Syahriyar. 
Syahrazad bercerita terus tiap malam dan selalu berakhir menggantung. Cerita-cerita yang dikisahkan Syahrazad adalah dongeng yang kita kenal seperti Aladdin dan Lampu Wasiat, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba, Harun Al-Rasyid dan Abunawas, dan sebagainya. 
Akhirnya selama 1001 malam Syahrazad terbebas dari hukuman pancung –dan dunia pun mendapat 1001 cerita dan Raja Syahriyar pun menarik hukuman tersebut, serta Syahrazad tetap dicintainya menjadi permaisuri dan rakyatnya teutama para gadis yang merasa selamat dari aturan raja yang mengerikan tersebut

5. Indonesia (Zamrud Khatulistiwa)

Keindahan alam yang membentang luas membuat Indonesia dijuluki sebagai ‘Negeri Zamrud Khatulistiwa’. Indonesia adalah satu-satunya negara kepulauan terbesar yang dilalui garis khatulistiwa atau garis ekuator. Secara geografis, Indonesia terletak pada koordinat 6 LS – 11 LU. Ada sebuah kota yang tepat dilalui oleh garis khatulistiwa yaitu ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak. Karena keistimewaan tersebut, dibangunlah Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak. Julukan Zamrud Khatulistiwa menggambarkan negara Indonesia sebagai sebuah negara yang sangat indah, seperti batu zamrud yang menghiasi Khatulistiwa. Seperti batu zamrud, alam Indonesia pun amat sangat indah.

Sumber :www.hipwee.com
 

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA