SAI 100 FM Logo


#Hotfive 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Unik Dalam Menyambut Bulan Puasa

Penulis Windy
16 May 2018 11:10:00
SAI 100 FM | #Hotfive 5 Negara Ini Punya Tradisi Unik Unik Dalam Menyambut Bulan Puasa Sumber : hai.grid.id

Sai100fm.id – Setiap daerah atau negara pasti punta tardisi menyambut bulan Ramadhan, termasuk di Lampung. Warga Desa Sukorahayu Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur menggelar tradisi menyambut bulan suci Ramadhan dengan saling tukar makanan antar warga bertempat di masjid yang disebut dengan Megengan.

Nah bagaiamana dengan 5 Negara ini yang ada di #Hotfive lets go kita cari tau: 

1. Makan camilan gurih (menu iftar) bersama dengan masyarakat lokal Pakistan menjelang bulan puasa

Saat Kamu traveling ke Pakistan sebelum atau mendekati bulan Ramadhan, Kamu akan meyaksikan tradisi penyambutan bulan baik ini. Masyarakat di Pakistan menyambut bulan Ramadhan ini dengan makan bersama menyantap makanan khas Ramadhan. 

Hidangan yang disajikan seperti samosa, pakoras, dan chaat. Hidangan khas Pakistan itu merupakan camilan gurih yang dihadirkan pada saat bulan Ramadhan lho! Kamu sebagai turis juga bisa ikut dalam tradisi ini lho. Biasanya sebelum acara makan bersama dimulai, warga Pakistan berbondong-bondong secara bersamaan menyiapkan menu iftar itu. 

2. Foto di bawah lampion-lampion yang menggantung di sepajang jalan di Mesir saat Ramadhan menjelang

Kalau pada saat hari raya Imlek para etnis Thionghoa di Indonesia menggantungkan lampion di Klenteng. Saat traveling di Mesir, Kamu bisa menemukan lampion-lampion cantik tergantung di sepanjang jalan. Tradisi ini disebut dengan “Fanous” Ramadhan.

Tujuannya sebagai penanda kalau bulan Ramadhan akan segera tiba. Lampion yang digantungkan pun merupakan lampion tradisional khas Mesir lho! Jika Kamu tahu, tradisi ini sudah ada sejak 969 tahun lalu lho!

Kamu mungkin bisa berfoto di bawah lampion itu saat traveling di sana. Unik kan? Bisa jadi spot fotogenik juga.

3. Selain menikmati keindahan pantai di Maldive Kamu juga bisa berbaur dengan masyarakat untuk berbuka bersama dengan hidangan lokal yang sudah disiapkan

Siapa yang nggak ingin liburan ke Maldive? Pantai di Maldive membuat setiap wisatawan jatuh hati lho! Tapi di balik pantai yang indah dan menawan ada tradisi yang unik saat menyambut bulan puasa. Warga menyambutnya dengan ‘Roadha Mas’. 

Tradisi ini adalah berbuka puasa dengan berbagai hidangan lokal yang disiapkan seperti ‘kulhi boakibaa’ (kue ikan), ‘foniboakiba’ (kue tepung) dan ‘gulha’ (bola ikan). Setelah berbuka puasa, warga yang pandai berpuisi akan diminta untuk menghavalkan Raivaru atau puisi yang berisikan tentang bulan Ramadhan. 

Raivaru adalah puisi dengan syair kuno ini sangat dipuja oleh warga Maladewa. Kamu sebagai turis juga bisa mencobanya juga.

4. Saat liburan ke Aljazair mungkin Kamu bisa menemukan pasar kaget yang dibuka oleh warga untuk menyambut bulan puasa


Related Posts

#HotFive 5 Fakta Menakjubkan dari Kemegahan Met Gala 2018
Ini Dia 5 Makanan Termahal di Asia Tenggara? Yuk Check It Out!
Asal Mula Julukan Negara- Negara Dunia dan Alasanya 
src="https://phinemo.com/wp-content/uploads/2017/05/pasar-ABNS.jpeg" style="height:200px; width:303px" />

Ada yang aneh saat Kamu liburan ke Aljazair. Kamu akan melihat warga bergadang semalam penuh untuk menyambut bulan Ramadhan. Biasanya mereka akan membuka lapak di sepanjang jalan dan mendirikan pasar dadakan

Pasar ini nantinya akan ramai oleh pengunjung. Mungkin saat Kamu liburan di Akjazair Kamu bisa mengunjungi pasar dadakan ini lho! Perayaan menyambut bulan Ramadhan ini akan berlangsung terus hingga sahur tiba. Jadi pada pagi hari masyarakat mengawali aktivitasnya dimulai sekitar satu jam lebih lambat.

5. Kamu bisa menikamti pertunjukan The Ring Game saat traveling ke Irak di bulan Ramadhan

Mungkin Kamu akan terfikir untuk traveling ke Irak? Ada tradisi unuk untuk menyambut bulan Ramadhan lho! Ada tradisi yang dilakukan di negara di Timur Tengah ini saat bulan Ramadhan. Tradisi adalah permainan seru dan populer dan hanya dimainkan di bulan Ramadhan.

Permainan itu disebut dengan “The Ring Game”. Permainan ini terdiri dari dua tim di mana masing-masing tim yang terdiri dari 10-20 orang. Salahs satu anggota tim harus menyerahkan cincin kepada anggota tim lain dan anggot tim lawan harus menembak siapa yang menyembunyikan cincin terebut.

Pemainan ini bisa Kamu nikmati juga sebagai hiburan lho saat traveling ke sana

 

Windy

Windy Shahab, 

...

View all Posts

  • LAMPUNG POST | LAMPOST.CO
  • LAMPUNG POST | LAMPUNGPOST.id
  • Medcom.id
  • METRO TV
  • MEDIA INDONESIA