Jakarta: Twitter mengumumkan pemenang penghargaan Best of Tweets 2020 Indonesia, dalam rangka merayakan pemasar yang sukses mendobrak keterbatasan karena PSBB dengan menghasilkan kampanye yang semakin mendekatkan merek dengan konsumen.
Penghargaan ini ditujukan Twitter untuk merayakan dan memberi apresiasi pada jajaran merek yang berhasil menembus kompleksitas dan perubahan besar di pasar, sekaligus menciptakan kampanye tak terlupakan pada tahun 2020 ini.
Penghargaan pada kategori Best Campaign For Driving Positive Change in Society dimenangkan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB). Organisasi non-profit milik Gojek ini menggandeng KitaBisa dan Slank pada peluncuran kampanye Sumbang Suara.
Kampanye penggalangan dana ini menargetkan pekerja informal terdampak dan dipromosikan Gojek via fitur Promoted Trend & First View di platform Twitter, dan menghimpun dana donasi Rp11 miliar. Sedangkan pada kategori Best Brand Voice dimenangkan oleh Tokopedia melalui kampanye TokopediaWIB.
Kampanye TokopediaWIB dinilai berhasil memukau konsumen di Twitter via video kreatif dan acara berjudul WIB TV Show, serta mengundang sejumlah grup Kpop kenamaan. Pada kategori Best Virtual Event dimenangkan oleh IM3 Ooredoo melalui siaran langsung Konser Silaturahmi Ramadan di Twitter.
Konser virtual ini diramaikan dengan tagar #SilaturahmiSetiapHari dan #Collabonation selama konser berlangsung. Kategori Best Use of Video dimenangkan oleh Bank Mandiri melalui kampanye GakPakeDonlot.
Bank Mandiri memanfaatkan fitur video di platform jejaring sosial ini untuk menginformasikan peluncuran fitur baru yang memungkinkan pengguna mendaftar rekening bank baru hanya dengan menggunakan situs yang dioptimalkan untuk seluler tanpa mengunduh aplikasi apa pun.
Shopee Indonesia memenangkan kategori Most Tweeted about Brand, karena berdasarkan data Twitter, Shopee Indonesia berhasil menjadi merek yang paling banyak dibicarakan di Twitter di Indonesia pada tahun 2020 ini.
Aqua keluar sebagai pemenang penghargaan Best of Tweets 2020 Indonesia pada kategori Best Launch on Twitter, berkat peluncuran kampanye yang menjadikan Raisa sebagai bintang utamanya. Melalui kampanye ini, Aqua meminta pengguna Twitter menjawab pertanyaan “Apakah Raisa mengangkat botol galonnya sendiri?’’
Untuk kategori Best Connection to Culture, Netflix Indonesia keluar sebagai pemenang karena berhasil menyatukan kelompok penggemar grup Kpop atau disebut dengan istilah fandom dari Blackpink, melalui peluncuran film dokumenter grup tersebut, bertajuk Light Up the Sky.
Sementara itu, Samsung Indonesia memenangkan penghargaan pada kategori Best Only on Twitter, karena memberikan kemudahan bagi konsumen melalui solusi chatbot di fitur Direct Message di Twitter.